4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Etika Praktik Akuntansi

Etika merupakan aturan yang tidak tertulis akan tetapi wajib diterapkan. Etika adalah kegiatan yang secara turun temurun dan dihasilkan melalui refleksi dan sudut pandang normatif untuk menentukan baik dan buruknya perilaku. Setiap profesi tentu mempunyai kode etik dan tidak terkecuali akuntan. Etika Praktik Akuntansi untuk profesi akuntan telah diatur oleh IAI . Tanpa adanya kode etik seorang akuntan bisa saja langsung diberhentikan, karena dalam profesi akuntan sangat rawan akan kasus dan skandal yang melanggar kode etik. Kode etik akuntan merupakan hasil adopsi dari Handbook of the code of ethics for profesional accountant 2016 yang dikeluarkan oleh International Standards Boards for Accountant of The International Federation of Accountant (ESBA-IFAC). Lebih jelasnya, akuntansi mandiri akan mengulas sedikit terkait Etika Praktik Akuntansi.

Etika Praktik Akuntansi
Etika Praktik Akuntansi

Etika Praktik Akuntansi - Bagian - Bagian Kode Etik Akuntan Profesional

1. Bagian A
Etika Praktik Akuntansi - Bagian A menetapkan prinsip dasar etika profesional bagi akuntan profesional dan memberikan kerangka konseptual yang akan diterapkan akuntan profesional dalam hal:

  • Identifikasi ancaman terhadap kepatuhan pada prinsip dasar etika
  • Evaluasi signifikansi dari ancaman tersebut
  • Menerapkan perlindungan yang tepat untuk menghilangkan atau mengurangi ancaman sampai kepada tingkat yang bisa diterima. Perlindungan diperlukan ketika akuntan profesional menentukan bahwa ancaman tersebut tidak berada pada tingkat dimana pihak ketiga yang rasional dan memiliki informasi yang cukup, berdasarkan fakta dan keadaaan tertentu yang tersedia bagi akntan profesional pada saat itu, akan menyimpulkan bagaimana kepatuhan terhadap prinsip dasar etika tidak berkurang.
2. Bagian B dan C
Etika Praktik Akuntansi - Bagian B dan C menjelaskan tentang penerapan kerangka konseptual pada situasi tertentu. Bagian tersebut memberi contoh perlindungan yang mungkin tepat untuk mengatasi ancaman dan sebagai akibat, keadaan, atau hubungan yang menimbulkan ancaman untuk dihindari. Bagian "B" berlaku bagi akuntan profesional di praktik publik, dan bagian "C" berlaku bagi akuntan profesionl di praktik publik untuk keadaan tertentu yang mereka hadapi. 
Kode etik akuntan profesional disahkan pada tanggal 5 Desember 2016 untuk berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2017

Baca Juga: Pengukuran Unsur Laporan Kuangan 

Etika Praktik Akuntansi - Prinsip Dasar Etika Akuntan Profesional

Etika Praktik Akuntansi - Seperti profesi lainya, ada prinsip dasar yang harus dipegang oleh akuntan profesional agar selalu dipercaya oleh pihak lain terutama klien. Adapun prinsip dasar yang harus selalu dipegang yakni:
1. Integritas
Bersikap lugas dan jujur dalam semua hubungan profesional dan bisnis
2. Objektivitas
Tidak membiarkan bias, benturan kepentingan, atau pengaruh yang tidak semestinya dari pihak lain, yang dapat mengesampingkan profesional atau bisnis.
3. Kompetensi dan Kehati-hatian Profesional
Menjaga pengetahuan dan keahlian profesional pada tingkat yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa klien atau pemberi kerja akan menerima jasa profesional yang kompeten berdasarkan perkembangan praktik, peraturan, dan teknik mutakhir, serta bertindak sungguh sungguh dan sesuai dengan teknik dan standar profesional yang berlaku.
4. Kerahasiaan
Menghormati kerahasiaan informasi yang diperoleh dari hasil hubungan profesional dan bisnis dengan tidak mengungkapkan informasi tersebut kepada pihak ketiga tanpa ada kewenangan yang jelas dan memadai, kecuali mengungkapkanya, serta tidak menggunakan infrmasi tersebut untuk keuntungan pribadi akuntan profesional ataupun pihak ketiga.
5. Perilaku Profesional
Mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku dan menghindari perilaku apapun yang mengurangi kepercayaan masyarakat kepada profesi akuntan profesional

Dari penjelasan artikel diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa etika merupakan hal yang sangat penting sebelum memulai belajar lebih dalam tentang akuntansi. Semoga Etika Praktik Akuntansi dapat dipahami dengan jelas sehingga bermanfaat untuk kita semua. Selamat belajar Etika Praktik Akuntansi.
Posting Komentar

Posting Komentar