4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Persamaan Dasar Akuntansi

Pemahaman atas Persamaan Dasar Akuntansi merupakan hal yang paling penting harus dimiliki oleh semua orang yang bekerja pada bidang keuangan. Secara sederhana, persamaan dasar akuntansi hanyalah Aset = Liabilitas + Ekuitas. Persamaan dasar akuntansi tersebut menjelaskan bahwa aset merupakan sumber daya yang dimiliki atau diinvestasikan entitas, sedangkan liabilitas dan ekuitas merupakan sumber pendanaan atas aset tersebut. Mirip seperti dua sisi mata uang, nilai aset yang dimiliki atau diinvestasikan harus sama dengan nilai total sumber pendanaanya. Agar rekan-rekan sekalian lebih memahami tentang Persamaan Dasar Akuntansi, maka silahkan baca perlahan ilustrasi yang admin akuntansimandiri sajikan pada bagian dibawah ini.
Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi


Persamaan Dasar Akuntansi - Ilustrasi Penggunaan Persamaan Dasar Akuntansi

Nyonya Santi mempunyai usaha sebagai konsultan manajemen, oleh karena itu beliau memerlukan modal kerja sebesar Rp 100.000.000. Untuk mendanai usahanya tersebut, Nyonya santi melakukan penyetoran dari uang tabunganya sejumlah Rp 70.000.000 dan sisanya sebesar Rp 30.000.000 merupakan hasil dari pinjaman Bank. Oleh karena itu, persamaan akuntansi untuk penyetoran modal awal tersebut yaitu:

Aset = Liabilitas + Ekuitas

Kas/Bank = utang Bank + Modal Sendiri

Rp 100.000.000 = Rp 30.000.000 + Rp 70.000.000

Jika ternyata pada bulan pertama Nyonya Santi sudah mendapatkan penghasilan dari konsultasi sejumlah Rp 80.000.000 dan mengeluarkan biaya operasi sejumlah Rp 30.000.000. Maka atas trasaksi tersebut Nyonya Santi telahmenghasilkan laba dibulan pertama sebesar Rp 50.000.000 (80jt - 30jt). Apabila laba tersebut tidak diambil oleh Nyonya Santi, maka laba tersebut akan menambah modal usaha Nyonya Santi.

Baca Juga: Transaksi Bisnis Dalam Akuntansi


Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan Dasar Akuntansi (Dasar)



Dari persamaan diatas yang semula hanya terdiri dari tiga unsur neraca yakni aset, liabilitas, dan ekuitas, maka dapat diperluas dengan menambah dua unsur dari laba rugi yakni pendapatan dan beban. Sehinga persamaan dasar akuntansi dapat dimodifikasi menjadi:

Aset = Liabilitas + Ekuitas + (Pendapatan - Beban)

Terkait dengan ekuitas dalam Persamaan Dasar Akuntansi, nilai ekuitas akan bertambah jika terdapat investasi dari pemegang saham dan adanya pendapatan. Ekuitas akan berkurang nilainya jika entitas membayar dividen kepada pemegang saham dan membayar beban. 

Pengaruh Ekuitas dalam Persamaan Dasar Akuntansi
Pengaruh Ekuitas dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Persamaan Dasar Akuntansi - Tips Belajar Persamaan Dasar Akuntansi

Belajar akuntansi itu sebenarnya harus dimulai dari memahami Persamaan Dasar Akuntansi. Dulu saya biasanya mengamati transaksi yang saya lakukan sehari-hari dan membayangkan bahwa saya mempunyai perusahaan. Kemudian, coba buat persamaan akuntansi atas transaksi tersebut secara sederhana dan coba cocokan dengan konsep akuntansi yang anda baca disini. Selamat belajar Persamaan Dasar Akuntansi.

Posting Komentar

Posting Komentar