Selamat Datang di Akuntansi Mandiri!. klik

Pengantar Manajemen Keuangan

Tujuan utama suatu entitas beroperasi adalah menghasilkan tambahan kesejahteraan bagi pemilik. Ukuran dari kesejahteraan umumnya yang digunakan adalah uang sebagai salah satu fungsinya yakni tempat untuk penyimpanan nilai dan juga satuan hitung. Secara spesifik, pada kesempatan ini akuntansi mandiri akan membahas tentang pengantar manajemen keuangan dimana akan menitik beratkan pada peran sentral yang dijalankan oleh keuangan tujuan mempelajari manajemen keuangan.

Pengantar Manajemen Keuangan

Peran Sentral Keuangan

Secara spesifik dalam suatu akvitivitas komersil, uang yang dapat digunakan untuk membayar beban-beban, pembelian persediaan ataupun aset tetap, membayar gaji pegawai, dan berbagai aktivitas utama lainya. Adapun peran sentral yang dijalankan oleh keuangan yakni:

  1. Seluruh pemangku kepentingan terkait suatu entitas memiliki kepentingan terhadap keuangan: pemilik dan kreditur hendak memastikan bahwa investasi yang mereka berikan dapat menghasilkan, pemasok menghendaki kepastian pembayaran, pegawai dan manajemen bergantung pada keuangan, dan pemerintah mempunyai kepentingan terkait dengan perpajakan.
  2. Keuangan merupakan ungsi tersendiri di kebanyakan organisasi
  3. Kemampuan untuk menghimpun pendanaan dan bagaimana proses penghimpunan pendanaan tersebut dilakukan untuk menentukan struktur usaha atau bentuk hukum dari suatu entitas
  4. Strategi keuangan suatu entitas menjadi bagian dari strategi entitas secara umum
  5. Suatu entitas dihadapkan pada berbagai risiko keuangan dan perlu mengelola risiko-risiko tersebut.

Karena peran sentral uang dan keuangan secara umum dalam suatu entitas, maka informasi yang andal dan relevan terkait keuangan juga menjadi hal yang penting dalam suatu entitas. Sebagai pengantar manajemen keuangan, nantinya teman-teman akan belajar tentang berbagai konsep dasar yang perlu diperhatikan dalam mendukung manajemen keuangan pada entitas.

Baca Juga:

Tujuan Pembelajaran Manajemen Keuangan

Dengan memahami manajemen keuangan, kita dapat menentukan sejauh mana informasi keuangan:

  1. Menyediakan akuntabilitas manajemen kepada pemegang saham dan para pemangku kepentingan
  2. Mencerminkan kinerja bisnis
  3. Berguna untuk pengguna dalam membuat keputusan
  4. Memenuhi kebutuhan informasi dari konteks nasional, sosial, ekonomi (seperti informasi statistika nasional)

Selain itu, dengan memahami manajemen keuangan, kita bisa mengidentifikasi informasi dalam konteks akuntansi dan sistem lainya seputar:

  1. Memproses informasi
  2. Keamanan informasi
  3. Manajemen informasi


Kesimpulan Pengantar Manajemen Keuangan

Pentingnya memahami manajemen keuangan entitas tentunya sangat berpengaruh terhadap manajemen suatu bisnis dalam melakukan pengukuran kinerja termasuk area nonrutin seperti dalam mengevaluasi going concern perusahaan. Demikian sedikit pengantar manajemen keuangan dari kami, semoga bermanfaat dan selamat belajar pengantar manajemen keuangan

Posting Komentar