4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas

Menurut PSAK 2: Laporan Arus Kas, terdapat dua metode dalam penyusunan laporan arus kas di laporan keuangan. Metode tersebut adalah metode langsung dan metode tidak langsung. Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas adalah metode yang harus dipakai secara konsisten oleh entitas pada saat pembuatan laporan arus kas. Metode langsung arus kas adalah metode yang menyajikan dan mengungkapkan kelompok utama penerimaan kas bruto dan pengeluaran kas bruto yang berasal dari aktivitas operasi. Sedangkan metode tidak langsung arus kas adalah metode yang menyajikan arus kas dari aktivitas operasi dengan berdasarkan dari laba rugi bersih, kemudian disesuaikan dengan transaksi bukan kas, penghasilan diterima dimuka, atau belum diterima, beban dibayar dimuka, atau masih terutang, dan memisahkan unsur penghasilan atau beban berkaitan dengan arus kas investasi dan pendanaan.

Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas
Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas


Menurut PSAK 2 setiap entitas dianjurkan untuk menggunakan metode langsung ketika menyusun laporan arus kas. Laporan arus kas disusun berdasarkan sumber dari: 

  1. Laporan posisi keuangan perbandingan antara awal dan akhir periode
  2. Laporan laba rugi
  3. Data dan informasi akuntansi dan keuangan lainya

Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas - Format Arus Kas Metode Langsung


Baca Juga: Klasifikasi Laporan Arus Kas
Investasi Sekarang


Catatan A: Perolehan pengendalian atas entitas anak
Selama periode ini kelompok yang memperoleh pengendalian atas entitas anak X. Nilai wajar aset yang diperoleh dan liabilitas yang diambil adalah:



Catatan B: Aset Tetap
Selama periode ini, kelompok memperoleh aset tetap dengan nilai gabungan, dimana diantaranya diperoleh melalui sewa pembiayaan. Pembayaran kas digunakan untuk membeli aset tetap

Catatan C: Kas dan Setara Kas
Kas dan setara kas teridri dari saldo bank, serta investasi dalam instrumen pasar uang. Kas dan setara kas dalam laporan arus kas meliputi jumlah-jumlah dalam laporan posisi keuangan yaitu:

Kas dan setara kas pada akhir periode meliputi rekening deposito bank yang dimiliki oleh entitas anak dan tidak dapat digunakan secara bebas oleh pemilik perusahaan (holding company) karena adanya pembatasan arus mata uang. 


Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas - Format Arus Kas Metode Tidak Langsung



        
Cukup mudah bukan memahami Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas ? semoga dapat bermanfaat dan selamat memahami Metode Langsung dan Tidak Langsung Arus Kas.
Posting Komentar

Posting Komentar