4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Gambaran Umum Kas dan Piutang

Pengelolaan keuangan dalam perusahaan merupakan kunci utama kegiatan operasional perusahaan dan tidak akan terlepas dari adanya kegiatan yang berhubungan dengan kas. Jika pemakaian dana tidak terkontrol maka akan berakibat kas kosong yang menyebabkan terganggunya semua kegiatan operasional perusahaan. Manajemen atas arus keluar-masuknya dana perusahaan yang terkontrol akan menunjukan kredibilitas perusahaan yang baik di dunia bisnis. Pada artikel ini, akuntansi mandiri akan membahas tentang Gambaran Umum Kas dan Piutang. Gambaran umum yang meliputi pengertian dari masing-masing akun dan hal-hal yang berhubungan lainya.


Kas


Gambaran Umum Kas dan Piutang - Pengertian Kas dan Piutang

Kas adalah aset lancar atau kekayaan perusahaan yang dapat digunakan untuk membayar kegiatan operasional perusahaan atau daat digunakan untuk membayar kewajiban saat ini. Wujud dari kas dapat berupa uang kertas atau logam, simpanan bank yang sewaktu-waktu dapat ditarik, dana kas kecil, cek, dan sebagainya. Kas memegang peranan penting dan menjadi salah satu pusat perhatian dan pengawasan dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.

Mata uang (kas) adalah aset keuangan karena merupakan alat tukar dan oleh karena itu menjadidasar bagi pengukuran dan pengakuan seluruh transaksi dalam laporan keuangan. Kas terdiri atas saldo kas (cash on hand) dan rekening giro (demand deposits). Kas akan dilaporkan pada laporan posisi keuangan pada bagian aset lancar.

Sedangkan piutang timbul ketika perusahaan menjual barang dan jasa secara kredit. Piutang meliputi semua tagihan dalam bentuk utang kepada perorangan, badan usaha, atau pihak tertagih lainya. Piutang adalah pos penting dalam perusahaan karena merupakan bagian aset lancar yang likuid dan selalu dalam keadaan berputar (piutang dapat dijadikan kas dengan segera dimana jangka waktu paling lama 1 tahun).



Baca Juga: Penyajian Laporan Laba Rugi dan Laba Komprehensif Lain


Gambaran Umum Kas dan Piutang - Ringkasan Tentang Kas

Berikut ini adalah item-item / istilah yang akan sering rekan-rekan temui ketika membahas tentang kas:

1. Setara Kas

Setara kas (cash equivalent) adalah investasi yang sifatnya SANGAT LIKUID, berjangka pendek, yang dengan cepat segera dikonversikan menjadi kas dalam jumlah yang dapat ditentukan dan memiliki risiko perubahan nilai yang tidak signifikan. Setara kas dimiliki untuk tujuan memenuhi komitmen kas jangka pendek, bukan untuk investasi atau tujuan lain. Oleh karena itu, suatu investasi umumnya memenuhi kualifikasi sebagai setara kas hanya jika akan segera jatuh tempo dalam waktu 3 bulan atau kurang sejak tanggal perolehan

2. Kas Kecil

Kas kecil merupakan dana yang disimpan dalam perusahaan untuk mendanai pengeluaran tunai sehari-hari yang bersifat tidak material. Kas kecil memiliki dua sistem, yaitu sistem dana tetap (imprest) dan dana tidak tetap (fluctuating). 

  • Sistem imprest merupakan mekanisme kas kecil dimana dana dipertahankan tetap. Pada awalnya dibentuk dana kas kecil dalam jumlah tertentu, setiap terdapat pengeluaran dibuat bukti pengeluaran saja tetapi tidak dijurnal. Jika jumlah kas kecil habis, maka akan dilakukan penggantian jumlah dana yang telah dipakai dan menjurnal seluruh bukti pengeluaran yang telah dibuat
  • Sistem fluctuating merupakan mekanisme kas kecil dimana tidak ditetapkan jumlah tertentu sehingga saldonya bervariasi dari waktu ke waktu. Pada sistem fluctuatin, setiap ada pengeluaran akan dibuat bukti pengeluaran dan jurnalnya. Penggantian jumlah kas kecil tidak didasarkan pada yang terpakai, tetapi sering terjadi ditetapkan pada jumlah tertentu

3. Bank

Setoran tunai pada bank atau institusi keuangan serupa adalah aset keuangan karena memberikan hak kontraktual bagi deposan untuk memperoleh kas dari institusi tersebut untuk melakukan penarikan melalui cek atau instrumen serupa untuk liabilitas keuanganya kepada kreditur

4. Restricted Cash

Restricted cash adalah kas yang dicadangkan untuk tujuan tertentu. Contohnya adalah kas yang dicadangkan untuk ekspansi perusahaan, kas yang dicadangkan untuk pembayaran hutang jangka panjang. restricted cash dapat dilaporkan baik sebagai aset lancar (untuk pencadangan kas dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun) maupun aset tidak lancar (untuk pencadangan kas dengan jangka waktu kurang dari 1 tahun) maupun aset tidak lancar (untuk pencadangan kas dengan jangka waktu lebih dari 1 tahun)



Baca Juga: Tutorial Investasi Reksadana Online


Gambaran Umum Kas dan Piutang - Ringkasan Tentang Piutang

Piutang merupakan aset keuangan yang mencerminkan hak kontraktual untuk menerima sejumlah kas dimasa yang akan datang, yang dipadukan dengan kewajiban terkait dari pihak lain untuk membayar, terdiri dari piutang usaha, wesel tagih, pinjaman yang diberikan, dan piutang obligasi. Piutang akan diakui dalam laporan posisi keuangan sebesar nilai wajarnya.

1. Pinjaman yang dijamin

Pinjaman yang dijamin merupakan peminjaman uang dengan syarat jaminan piutang dimana piutang akan tetap dimiliki oleh perusahaan dan perusahaan tetap melakukan penagihan piutang.

2. Anjak piutang

Anjak piutang adalah jenis pembiayaan dalam bentuk pembelian dan atau pengalihan piutang atau tagihan jangka pendek suatu perusahaan yang berasal dari transaksi usaha. Anjak piutang dapat dibedakan menjadi dua kelompok yakni anjak piutang tanpa jaminan dan anjak piutang dengan jaminan.

3. Wesel tagih

Wesel tagih adalah suatu perjanjian tertulis untuk menerima sejumlah uang pada suatu tanggal yang telah ditentukan. Wesel tagih dapat dikategorikan menjadi wesel tagih jangka pendek (jangka waktunya kurang dari setahun) dan wesel tagih jangka panjang (jangka waktunya lebih dari setahun). Wesel jangka pendek dicatat sebesar nilai nominalnya, sedangkan wesel tagih jangka panjang dicatat sebesar nilai masa kini karena adanya perbedaan antara suku bunga perjanjian dengan suku bunga pasar.


Sekian pembahasan tentang Gambaran Umum Kas dan Piutang. Semoga penjelasan singkat dari kami dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Pembahasan lanjutan atas materi ini berada di artikel selanjutnya. Selamat belajar Gambaran Umum Kas dan Piutang.

Posting Komentar

Posting Komentar