4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Pengertian dan Tujuan Akuntansi

akuntansi adalah sebuah seni dalam hal mencatat serta menganalisa suatu transaksi dari suatu entitas bisnis. Pengertian dan Tujuan Akuntansi merupakan sebuah konsep dasar yang harus dipahami oleh seluruh mahasiswa akuntansi sebelum tenggelam lebih jauh kedalam dunia akuntansi itu sendiri. Mengerti tentang pengertian akuntansi dan tujuan akuntansi adalah hal dasar yang wajib dipegang oleh mahasiswa akuntansi pada saat memasuki awal semester pada saat menjalani masa perkuliahan. Menurut ahli, akuntansi adalah ilmu mencatat, menganalisa, dan mengkomunikasikan transaksi atau kejadian ekonomi suatu entitas yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan bagi pihak yang berkepentingan pada pengambilan keputusan. 

Pengertian dan Tujuan Akuntansi
Pengertian dan Tujuan Akuntansi

Pengertian dan Tujuan Akuntansi - Proses Sederhana Akuntansi

Pengertian dan Tujuan Akuntansi - Pada saat fase memahami Pengertian dan Tujuan Akuntansi, kita akan dikenalkan pada sebuah proses sederhana dari akuntansi. Adapun proses sederhana akuntansi tersebut yakni:

  1. Seluruh transaksi di catat dalam jurnal (books of original entry)
  2. Seluruh transaksi kemudian di analisis dan di posting ke buku besar (ledger)
  3. Seluruh transaksi dikumpulkan dalam bentuk laporan keuangan
Akuntansi mempunyai tujuan akhir yang akan dicapai yakni menghasilkan dan melaporkan informasi yang relevan. Relevan dalam hal ini artinya sebagai sistem informasi keuangan, informasi yang diproses dan dilaporkan mempunyai sifat keuangan dan relevan jika dikaitkan dengan penerima laporan keuangan, apa tujuanya, dimana tempatnya, dan kapan waktunya. Relevansi dari informasi yang dihasilkan sangat erat kaitnya dengan kepentingan penerima laporan keuangan.

Baca Juga: Ebook Statistika Ekonomi dan Bisnis Enderson Edisi 11

Pengertian dan Tujuan Akuntansi - Kebutuhan Pengguna Laporan Keuangan

Penerima informasi, tujuan, tempat dan waktu pelaporan adalah faktor-faktor yang sangat beragam sehingga sebagai sebuah sistem, akuntansi mempunyai tata cara dan disiplin dalam mengkoordinasikan unsur-unsur dalam proses menghasilkan informasi yang beragam dan relevan sesuai tujuan akuntansi.
Setiap perusahaan harus menghasilkan informasi terkait kegiatan ekonominya dalam bentuk laporan keuangan. Tujuan akhir nya adalah digunakan oleh pengguna laporan keuangan dalam membuat sebuah keputusan yang menghasilkan dampak ekonomi. Pengguna laporan keuangan membutuhkan laporan keuangan untuk mengetahui kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan kepastian atas arus kas yang akan datang.
Posting Komentar

Posting Komentar