4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Laporan Perubahan Ekuitas

Untuk suatu entitas usaha berbentu badan hukum perseroan terbatas (PT), saldo laba dan tidak atau belum dibagikan sebagai dividen disajikan dalam laporan posisi keuangan sebagai bagian dari ekuitas. Agar para pengguna laporan keuangan dapat mengikuti perubahan yang terjadi atas setiap komponen ekuitas dari masa ke masa secara transaparan, oleh karena itu perlu disusun laporan tersendiri dalam Laporan Perubahan Ekuitas atau sering dikenal sebagai laporan perubahan modal. Laporan ini disusun dengan melakukan analisa atas kelompok akun ekuitas serta dokumen dari catatan yang berkaitan dengan ekuitas dan merupakan salah satu output penting dalam siklus akuntansi

Laporan Perubahan Ekuitas
Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan Perubahan Ekuitas - Informasi pada Laporan Perubahan Ekuitas

Pada bagian laporan perubahan ekuitas, terdapat informasi penting yang bisa kita dapatkan berkaitan dengan kepentingan investor terhadap perusahaan. Adapun informasi yang penting yang bisa didapatkan dari laporan perubahan ekuitas diantaranya:

  1. Pembayaran dividen
  2. Koreksi laba rugi tahun lalu
  3. Perubahan struktur modal
  4. Perubahan pada komponen ekuitas lainya seperti penghasilan komprehensif lain
Baca Juga: Laporan Laba Rugi dan Penghasilan Komprehensif Lain

Laporan Perubahan Ekuitas - Bentuk Laporan Perubahan Ekuitas

Bentuk dari laporan perubahan ekuitas atua laporan perubahan modal bermacam-macam namun esensi dari laporan tersebut sama saja.Berikut ini adalah contoh beberapa bentuk laporan perubahan ekuitas:




Masing-masing gambar diatas merupakan laporan perubahan ekuitas. Gambar pertama dan kedua merupakan laporan perubahan ekuitas sederhana sedangkan gambar ketiga adalah laporan perubahan ekuitas dari perusahaan terbuka atau yang terdaftar di bursa efek jakarta.  Semoga penjelasan mengenai Laporan Perubahan Ekuitas ini dapat bermanfaat dan selamat memahami Laporan Perubahan Ekuitas.




Posting Komentar

Posting Komentar