4vEwQwn2N76CQsEE22YcimIBXTw6fR8sELEf9IPn
Bookmark

Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73

Pada transaksi sewa terdapat dua pihak yakni penyewa (lessee) dan pesewa (lessor). Dari setiap pihak tersebut, menerapkan akuntansi penyewa (lesse) dan akuntansi pesewa (lessor) yang mana pada saat menerapkan metode perhitungan sewa menggunakan metode Effective Interest Rate. Sewa adalah perjanjian kontraktual antara pesewa dengan penyewa, yang memberikan hak kepada penyewa untuk menggunakan aset tertentu yang dimiliki oleh pesewa untuk suatu jangka waktu tertentu. Pada kesempatan kali ini, tim akuntansi mandiri akan menjelaskan tentang Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73 baik untuk penyewa dan juga pesewa. 



Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73


Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73 - Definisi dan Ruang Lingkup

Suatu transaksi disebut transaksi sewa jika terdapat perjanjian kontraktual antara pesewa dengan penyewa, yang memberikan hak kepada penyewa untuk menggunakan aset tertentu yang dimiliki oleh pesewa untuk suatu jangka waktu tertentu.

Transaksi sewa telah berkembang dan banyak digunakan oleh penyewa karena menghasilkan beberapa keuntungan diantaranya:

  1. Bunga tetap
  2. Perlindungan atas keusangan aset yang disewa
  3. Fleksibilitas
  4. Biaya pendanaan yang relatif rendah

Transaksi dan akuntansi sewa diatur dalam PSAK 73: Sewa dimana menggantikan beberapa PSAK dan ISAK yang sebelumnya berlaku telah dicabut. Adapun peraturan yang telah dicabut diantaranya:

  1. PSAK 30: Sewa
  2. ISAK 8: Penentuan apakah suatu perjanjian mengandung sewa
  3. ISAK 23: Sewa operasi - insentif
  4. ISAK 24: Evaluasi substansi beberapa transaksi yang melibatkan bentuk legal sewa
  5. ISAK 25: Hak atas tanah
  6. PSAK 73 juga menetapkan pengecualian dalam ruang lingkup, dimana sewa berikut tidak dimasukan kedalam ruang lingkup PSAK 73
  7. Sewa dalam rangka eksplorasi atau penambangan mineral, minyak, gas alam, dan sumber daya serupa yang tidak dapat diperbarui
  8. PSAK 69: Sewa aset biologis
  9. ISAK 16: Perjanjian konsesi jasa
  10. PSAK 72: Lisensi kekayaan intelektual
  11. PSAK 19: Hak yang dimiliki oleh penyewa dalam perjanjian lisensi untuk item seperti film, rekaman video, karya panggung, manuskrip, hak paten, dan hak cipta


Baca Juga: Perlakuan Akuntansi Transfer Aset Keuangan


Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73 - Jenis-jenis sewa

Secara umum sewa dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Sewa Pembiayaan dan Sewa Operasi. Penyewa diisyaratkan untuk mengakui aset hak-guna (right-of-use assets) dan liabilitas sewa. Hal tersebut dikecualikan jika:

  1. Sewa bersifat jangka pendek
  2. Aset pendasarnya (underlying assets) bernilai rendah, Sementara itu pesewa mengklasifikasikan sewanya sebagai sewa operasi atau sewa pembiayaan dan mencatat kedua jenis sewa tersebut sesuai dengan jenisnya.
Entitas menentukan masa sewa sebagai periode sewa yang tidak dapat dibatalkan. Periode sewa dimaksud mencakup:
  1. Periode yang dicakup oleh opsi perpanjangan sewa jika penyewa cukup pasti untuk mengeksekusi opsi tersebut.
  2. Periode yang dicakup oleh opsi untuk menghentikan sewa jika penyewa cukup pasti untuk tidak mengeksekusi opsi tersebut.
Entitas merevisi masa sewa jika terdapat perubahan dalam periode sewa yang tidak dapat dibatalkan.

Kasus 1: Penentuan Masa Sewa 

PT TOS menyewa aset berupa mesin cetak dari PT PDK untuk jangka waktu 2 tahun dengan harga sewa 100 per bulan. PT TOS dapat memperpanjang sewa selama 2 tahun lagi dengan harga sewa CU 50 per bulan. Kontrak menyebutkan dengan jelas opsi perpanjangan dan PT TIS pasti akan memanfaatkan opsi tersebut.
Berapa lama masa sewa yang dapat dipakai dalam kasus tersebut ?

Jawaban:

Karena dapat dipastikan bahwa PT TOS akan mengambil opsi tersebut, maka masa sewa yang berlaku adalah 2+2 = 4 tahun.


Baca Juga: Panduan Investasi Reksadana BIBIT Online Untuk Pemula


Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73 - Pembayaran Sewa Minimum (Minimum Lease Payment)

Pembayaran sewa minimum adalah nilai kini dari jumlah yang dibayarkan penyewa kepada pesewa yang meliputi jumlah-jumlah berikut ini:

  1. Pembayaran tetap, dikurangi dengan piutang insentif sewa
  2. Pembayaran sewa variabel yang bergantung pada indeks atau suku bunga yang pada awalnya diukur dengan indeks atau suku bunga pada tanggal permulaan
  3. Jumlah yang diperkirakan akan dibayar oleh penyewa dalam jaminan nilai residual (Guaranteed residual value)
  4. Harga eksekusi opsi beli jika penyewa cukup pasti untuk mengeksekusi opsi tersebut
  5. Pembayaran penalti karena penghentian sewa, jika masa sewa merefleksikan penyewa mengeksekusi opsi untuk menghentikan sewa

Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73 - Tingkat Bunga Sewa, Biaya Eksekutori, dan Nilai Residual

Tingkat Bunga

Pembayaran sewa didiskontokan dengan menggunakan suku bunga implisit dalam sewa jika suku bunga tersebut dapat ditentukan. Entitas dapat menggunakan suku bunga pinjaman inkremental penyewa jika suku bunga implisit dalam bentuk sewa tidak dapat ditentukan.

Biaya eksekutori

Biaya eksekutori adalah biaya tetap yang biasa dibayarkan oleh penyewa terkait dengan pelaksanaan sewa. Contoh dari biaya eksekutori adalah:

  1. PBB
  2. Biaya pemeliharaan
  3. lain-lain
Biaya eksekutori dapat dibayarkan langsung oleh penyewa kepada pihak ketiga, atau dibayarkan oleh penyewa kepada pesewa bersamaan dengan pembayaran sewa minimum. Jika pembayaran sewa minimum termasuk biaya eksekutori, maka biaya eksekutori harus dikeluarkan dari total pembayaran sewa sebelum menghitung nilai kini dari pembayaran sewa minimum.

Nilai Residual (Residual Value)

Nilai residual adalah nilai wajar aset sewaan pada akhir masa sewa. Pada beberapa kasus, nilai residual ini dijamin oleh penyewa, sehingga apabila nilai wajar aset tersebut pada akhir masa sewa lebih rendah dibanding nilai residual yang dijamin, maka penyewa berkewajiban menanggung sisanya. Sedangkan jika residual value tidak dijamin oleh penyewa, maka informasi tersebut di atas tidak relevan. Penyewa tidak bertanggung jawab atas selisih nilai wajar dan nilai residu yang tidak dijamin.


Demikian penjelasan kami terkait tentang Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73. Untuk pencatatan akuntansi bagi penyewa dan pesewa akan dijelaskan pada artikel selanjutnya. Selamat belajar Pencatatan Akuntansi Sewa PSAK 73.

Posting Komentar

Posting Komentar